Hari Ini, 36 Perusahaan Perikanan Ekspor Ke 13 Negara

Written by Wiyaks on May 16, 2020 in Ide- ide Bisnis with no comments.

Selain mengincar pasar on-line, pemerintah juga terus berupaya membuka pasar ekspor. Deputi Safri mengatakan, pemerintah telah melakukan ekspor ikan ke sejumlah negara meski masih dalam masa pandemi. Direktur Operasional Perum Perikanan Indonesia Raenhat Tiranto Hutabarat mengatakan Thailand kini memercayakan impor ikannya ke BUMN perikanan di Indonesia.

Ketiadaan unit pengolahan ikan skala ekspor membuat ikan dari DIY harus diakui sebagai ikan yang berasal dari kota lain alias pindah “KTP“ ketika akan diekspor ke luar negeri. SLEMAN, KRJOGJA.com – Daerah Istimewa Yogyakarta belum mendapatkan keuntungan signifikan meski lalu lintas ekspor ikan selama ini tergolong besar. “Misalkan nelayan kita menangkap empat ekor ikan Tuna di laut, tapi yang bisa lolos ke pasar biasanya cuma satu atau bahkan tidak ada,” kata Risyanto di Jakarta, Senin (16/9).

Perkebunan yang memperhatikan keberlanjutan lingkungan serta keseimbangan alam sehingga tidak membahayakan kehidupan manusia. Peningkatan kinerja laut yang tetap mempertimbangkan keberlanjutan kualitas laut, sehingga dapat dinikmati “anak cucu”. Pada kondisi tersebut sangat dimungkinkan manusia akan membutuhkan bahan dari produk pertanian baik berupa pangan maupun berupa “rasa”. Dengan karakteristik alamnya, Bengkulu cocok untuk budidaya kopi yang selama ini dikenal sebagai produk pertanian yang diminati karena “rasa” nya. “Untuk sementara ini, distribusi lokal ke Provinsi Jawa Barat dan Banten tepatnya di Tanggerang dan Tasikmalaya sebanyak 600 ekor untuk ikan hias,” katanya. Ketua Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia DPD Sulselbar, Arief R Pabettingi menuturkan saat ini para eksportir berharap pemerintah dapat membantu dalam kelancaran usaha eksportirnya.

Sementara terkait ekspor ke China, selain sektor perikanan, Indonesia menurut Duta Besar Republik Indonesia untuk China dan Mongolia Djauhari Oratmangun, berpeluang besar menjadi negara eksportir utama buah durian ke Asia Timur, jika pemerintah melakukan upaya serius dalam pengembangan komoditas perkebunan ini. Kementerian Perdagangan bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan melakukan pelepasan ekspor ikan tuna dari sistem resi gudang di Benoa, Bali ke Korea Selatan hari ini, Jumat (27/11). Alasan ikan kerapu mejadi andalan ekspor yaitu hasil laut tersebut memiliki nilai ekonomis tinggi di pasar regional maupun internasional. Pandemi Covid-19 membuat permintaan dari luar negeri menurun sekitar 40% dan menyebabkan gudang penyimpanan penuh sehingga membuat perusahaan mengurangi persediaan bahan baku. Selain itu, pembatasan transportasi dan pekerja di pabrik mengurangi kapasitas penyerapan ikan dari nelayan dan juga pengurangan output produksi sekitar 10%.

Membuat Ekspor  ikan

Tidak hanya ekspor, rupanya warga Kalimantan Tengah, khususnya Kota Palangka Raya juga mengimpor ikan, namun khusus untuk bibit budidaya ikan keramba. Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas I Palangka Raya, Iromo mengatakan ikan hias yang diekspor ini paling banyak dari Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara. Menteri Susi mengatakan ikan segar menjadi hasil produksi yang mahal untuk diekspor, tetapi tidak didukung dengan akses dan transportasi sehingga ikan segar tersebut harus dijual dalam keadaan beku. Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta pembukaan penerbangan langsung di kawasan pulau-pulau terluar sebagai hubungan terdekat untuk gerbang ekspor ikan segar. “Dalam hal ini, antara lain menjual produk perikanan yang berkualitas dan dengan label aman,” tuturnya.

Kadin optimis, sektor usaha perikanan dan kelautan masih tumbuh dan tetap menjadi salah satu ujung tombak utama meski dipengaruhi dinamika perekonomian nasional dan dunia. Oleh karena itu, ia berharap, pemerintah mempermudah izin impor ikan lemuri untuk bahan dasar pembuatan sarden. Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Rifky Effendi Hardijanto mengatakan varietas udang merupakan andalan ekspor ke luar negeri, dengan pasar utamanya yaitu Amerika Serikat . Bahkan nilai ekspornya mencapai US$ 1,7 miliar setara dengan Rp 24,6 triliun (kurs 14.500). Tetapi alat tangkap ikan yang tradisional, modal dan sumber daya manusia, kata Viktor, menjadi masalah perikanan di NTT. Untuk itu sebutnya, pemerintah perlu lakukan pelatihan di pabrik agar pengolahan ikan di NTT bisa lebih baik.

Mahasiswa mampu merancang budidaya ikan hias dan aquascape secara langsung di lapang. Mata kuliah ini membahas tentang jenis pakan alami potensial, teknologi kultur berbagai jenis pakan alami dan ilmu dan teknologi berbagai pakan alami guna meningkatkan produksi akuakultur. Mata kuliah ini membahas tentang faktor fisika, kimia dan biologi air media akuakultur dan peranannya dalam menunjang keberhasilan akuakultur, pendugaan dan manajemen kualitas air media akuakultur.

Comments are closed.