Alasan Investasi Lebih Penting Ketimbang Menabung

Written by Wiyaks on August 5, 2020 in Crypto with no comments.

Meski begitu, tentu ada batasan jumlah yang dapat diambil atau dicairkan sesuai dengan prosedur yang berlaku di masing-masing financial institution. Menabung dan berinvestasi adalah kata-kata yang seringkali disamakan artinya. Namun, keduanya tidaklah sama, Menabung adalah menyisihkan sebagian uang untuk mencapai tujuan hidup. Berinvestasi memberikan kamu kesempatan untuk menambah nilai atas uang kamu. Ketika dana investasi kamu menghasilkan bunga, bunga itulah yang menjadi keuntungan kamu.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya perusahaan fintech lending yang menjalankan model bisnis ini. Jumlah uang yang berputar dalam investasi peer to peer lending juga terus tumbuh. Jadi untuk mendapatkan return, Anda memang harus menahannya dalam waktu yang cukup panjang.

Menabung dengan berinvestasi

Makin lama tenor yang dipilih idealnya keuntungan yang akan Anda dapatkan makin besar. Menabung dan investasi sama-sama menguntungkan untuk dana di masa depan. Sedangkan investasi memiliki keuntungan yang berasal dari nilai aset yang naik.

Sementara investasi, bisa dilakukan di bank, membeli instrumen investasi, ataupun di pasar saham. Kamu wajib mengetahui bedanya menabung dan berinvestasi untuk perencanaan keuangan di masa mendatang. Menabung adalah aktivitas menyisihkan uang untuk kebutuhan jangka pendek . Sedangkan investasi adalah aktivitas pengembangan uang untuk mendapat keuntungan agar tercapai tujuan keuanganmu.

Opsi investasi ini hasilnya lebih pasti, karena pembiayaan bunga/imbalan dan pelunasan/pembelian sepenuhnya dijamin oleh pemerintah. Bagi pemerintah, keikutsertaan kaum milenial untuk investasi sangat penting, agar ada kesadaran dalam memahami instrument APBN, sehingga dapat lebih peduli, paham, dan turut mengawasi APBN. Coba kita bayangkan seandainya saat ini kita membeli satu saham perusahaan di BEI di saat harga saham sedang turun karena dampak pandemi yang belum berakhir. Harga saham yang sedang turun saat ini menjadikan momen ini waktu yang baik untuk memulai berinvestasi saham karena kita dapat menikmati potensi keuntungan di masa mendatang.

Selain mempelajari cara investasi saham dan emas, kamu juga bisa belajar tentang investasi properti. Investasi emas terbilang cukup mudah dilakukan, karena kamu hanya perlu membeli emas Antam dan menyimpannya dalam jangka waktu tertentu, 5-10 tahun. Jadi, pastikan untuk lihat dulu bagaimana harga saham yang ingin kamu beli atau jual di pasar saat itu. Sebelum melakukan transaksi saham, kamu dapat mengubah harga beli atau jual saham tergantung kondisi pasar. Dulu, jika ingin berinvestasi kamu harus menelepon ke bursa efek untuk membeli sebuah saham. Saat ini juga sudah ada banyak perusahaan sekuritas yang bisa diakses untuk mendaftar dan mulai berkontribusi terhadap pasar saham.

Nasabah bisa mengambil tabungan kapan saja dan di mana saja tanpa terikat waktu dengan memanfaatkan aplikasi investasi terbaik digibank by DBS. Perhitungan bunga yang dipakai menggunakan metode progresif yang akan memberi kesempatan pada nasabah untuk mendapatkan imbal hasil pada angka terbaik. Dibanding menggunakan tabungan konvensional, menabung di bank lebih fleksibel dan mudah. Anda juga bisa mendatangi kantor cabang bila memiliki keluhan dalam melakukan transaksi. Investasi adalah menaruh sejumlah uang atau modal dalam aset investasi, contohnya di reksadana. Investasi bisa dimulai dengan modal terjangkau, hanya Rp10.000 dan mudah dengan fitur Invest di aplikasi OVO.

Kini masyarakat juga dapat dengan mudah buat memulai investasi emas batangan. Pasalnya, Pegadaian memiliki program yang bernama tabungan emas. Sebagian besar pakar keuangan akan setuju bahwa Anda harus menabung terlebih dahulu untuk membangun dana darurat, sambil membayar utang berbunga tinggi dan berinvestasi. Setelah Anda memiliki cadangan darurat yang baik, Anda dapat mengakselerasi investasi Anda. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan target yang ingin dicapai. Apalagi, menabung di financial institution kini menjadi lebih mudah lewat aplikasi investasi terbaik digibank by DBS.

Seiring dengan meningkatnya development emas sebagai pilihan investasi, kini sejumlah lembaga perbankan mulai membuka produk tabungan emas. Tapi jangan salah, saat memilih tabungan emas, Anda tidak akan diminta untuk menyetorkan dalam bentuk emas. Anda bisa menabung dalam rupiah tetapi nanti nilainya akan dikonversikan seharga emas batangan. Saat ini sudah terdapat banyak sekali aplikasi perencanaan keuangan untuk berinvestasi yang dapat kamu download di internet. Gunakan aplikasi tersebut untuk transaksi investasi dan memperoleh informasi terkait beragam produk Wealth yang dipasarkan oleh BCA yang tersedia untuk berbagai jenis profil risiko investasi.

Dengan menabung, uang yang disisihkan untuk disimpan tersebut dapat diambil sewaktu-waktu jika diperlukan. Sedangkan investasi, keuntungan yang ditawarkan jauh lebih besar daripada bunga tabungan. [newline]Modal yang ditanamkan dalam investasi tertentu akan terus bertambah nilainya dari waktu ke waktu sehingga kantong kekayaan kamu akan semakin bertambah. Kalau mau tahu lebih lanjut dan belajar bagaimana strategi perencanaan keuangan dan berinvestasi di usia 20an, kamu bisa cek podcast Kejar Mimpi bareng Fellexandro Ruby di aplikasi Kejar Mimpi. Aplikasi Kejar Mimpi bisa membantu memberikan inspirasi harian kamu lewat artikel dan video inspiratif. Kamu juga bisa melihat webinar yang menghadirkan pakar yang membahas topik mulai dari lifestyle, psikologi sampai dengan karir.

Comments are closed.